UPT Bahasa Universitas Udayana Ikuti Workshop Nasional I FILBA di Universitas Muhammadiyah Malang

UPT Bahasa Universitas Udayana Ikuti Workshop I Nasional FILBA di Universitas Muhammadiyah Malang

Forum Institusi Layanan Bahasa (FILBA) adalah forum ilmiah yang mengedepankan kolaborasi akademisi dalam pengembangan, penjaminan dan penyediaan layanan Bahasa di Indonesia. 

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 8-12 Juni 2022 bertempat di Universitas Muhammadiyah Malang. Diadakannya workshop ini guna menyatukan pemikiran terkait sosialisasi dan finalisasi rancangan Standar Nasional Pelatihan Bahasa, Terjemahan, dan Penyuntingan Bahasa di Pendidikan Tinggi. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan mengasah keterampilan menyusun kisi-kisi pelayanan Bahasa, seperti listening, reading, writing dan speaking, melalui Divisi Pengujian Bahasa. Di sisi lain, kegiatan ini juga menyusun rancangan dokumen terkait mutu pelatihan bahasa, pengujian, dan terjemahan bahasa melalui Divisi Penjaminan Mutu.

Workshop FILBA diselenggarakan pada tanggal 8 Juni 2022 di ballroom Hotel Rayz Universitas Muhammadiyah Malang. Dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dalam kesempatan ini mewakili Rektor Universitas Muhammadiyah Malang. Prof. Dr. Syamsul Arifin, M.Si menyampaikan Workshop Nasional 1 ini diharapkan memiliki hasil konkrit yang bermanfaat bagi semua anggota FILBA, salah satunya tes Bahasa Inggris akademis bagi anggota FILBA dan umum.

Pada tanggal 9 Juni Workshop Nasional 1 ini menghadirkan narasumber utama yakni Prof. Ali Saukah Ph.D sekaligus penasehat EFLIN. Ali Saukah memaparkan materi Assesment vs Evaluation, Examination, Standardization, Standardize Test, Quality Assurance dan English Language Test Development. “melalui FILBA ini, diharapkan nantinya Indonesia memiliki tes yang setara dengan TOEFL-ITP dan IELTS” pungkas Ali Saukah

Di hari terakhir workshop, pada Jumat 10 Juni 2022. Kegiatan disuguhkan dengan presentasi paralel dari masing-masing Divisi. Divisi Pengujian Bahasa terbagi dalam penyusunan kisi-kisi TKBI seperti kemampuan Reading dan Writing. Selain itu terdapat tim yang menyusun kemampuan Listening dan Speaking juga turut memaparkan hasil presentasi. Presentasi berlanjut dengan pemaparan mengenai standarisasi rancangan dokumen mutu pengujian, penerjemahan dan pelatihan Bahasa. 

Kegiatan ditutup dengan sambutan penutup dari Kepala Pusat Bahasa Universitas Muhmmadiyah Malang, Dr. Masduki. Dalam sambutannya Kepala Pusat Bahasa UMM ini menyampaikan apresiasi atas partisipasi dan kontribusi para peserta dari seluruh Lembaga Bahasa Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia  yang turut andil dalam penyusunan kisi-kisi keterampilan Bahasa dan juga rancangan dokumen mutu. 

Selain itu Ketua FILBA, Joko Priyono juga menyampaikan hal yang sama, dengan diadakannya workshop ini telah ditentukan Workshop Nasional II di Universitas Muhammadiyah Surakarta pada bulan November Mendatang. Di mana standar layanan bahasa akan diajukan ke Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi sebagai sebuah standar layanan yang diharapkan dapat berlaku secara massal di Indonesia. Kegiatan diakhiri dengan Cultural Visit pada tanggal 12 Juni 2022.