UPT Bahasa Universitas Udayana Ikuti Sosialisasi Transformasi PTN BH Universitas Udayana

UPT Bahasa Universitas Udayana mengikuti sosialisasi transformasi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH) Universitas Udayana pada hari Kamis, 4 Agustus 2022 bertempat di Aula Gedung BH Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Kampus Sudirman Denpasar. Sosialisasi ini bertujuan memberikan pemahaman terhadap civitas akademika di lingkungan Universitas Udayana terkait PTN BH


Kegiatan sosialisasi ini diadakan secara hybrid (luring dan daring) yang dihadiri langsung oleh Rektor, Wakil Rektor, Ketua Lembaga, Dekan dan Direktur Pascasarjana serta pimpinan lainnya di lingkungan Universitas Udayana. Sosialisasi diawali oleh laporan Ketua Tim PTN BH Universitas Udayana, Prof. Nyoman Semadi Antara menyampaikan bagaimana kesiapan PTN BH Universitas Udayana serta tujuan diadakannya sosialisasi ini.


Dua orang narasumber dihadirkan pada kegiatan sosialisasi ini, yakni Direktur Kelembagaan Dr. Lukman, S.T., M.Hum serta Plt. Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kemendikbudristek, Prof. Tjitjik Srie Tjahjandarie, Dra., Ph.D. Dalam sambutannya, Prof. I Nyoman Gde Antara selaku Rektor Universitas Udayana menyampaikan bahwa Universitas Udayana tengah bersiap meningkatkan statusnya menjadi PTN BH. Di mana saat ini, Universitas Udayana masih berstatus PTN Badan Layanan Umum (BLU) yang sudah berjalan sejak tahun 2011.


“Universitas Udayana telah mengantongi akreditasi unggul, sehingga ini menjadi modal dasar untuk menuju PTN BH. Di sisi lain, PTN BH dapat memberikan otonomi pengelolaan aset yang lebih luas, sehingga pemberdayaan aset di Universitas Udayana dapat dioptimalkan kedepannya” pungkas Rektor Universitas Udayana. 


Peningkatan status PTN BH mendorong Universitas Udayana untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kinerja SDM, sehingga kualitas layanan pun akan meningkat. Status PTN BH juga dalam rangka memberikan peningkatan kualitas pendidikan tinggi kepada masyarakat. Ketika sudah mencapai kualitas layanan perguruan tinggi, maka berikutnya adalah meningkatkan efisiensi di tata kelola pendidikan tinggi agar lebih baik. Setelah peningkatan kualitas layanan dan efisiensi, maka menuju tata kelola perguruan tinggi yang lebih otonom.


Prof. I Nyoman Gde Antara juga menambahkan, pihaknya telah menyiapkan langkah untuk mendorong peningkatan status PTN BH. Rektor telah membentuk panitia yang bertugas dalam melakukan kajian, menggali informasi serta mengumpulkan data berkaitan dengan potensi yang dimiliki Universitas Udayana dalam menuju status PTN BH. Rektor juga menjelaskan, pihaknya telah melakukan langkah-langkah untuk mendorong peningkatan status PTN BH. Kajian tersebut menunjukkan, Universitas Udayana telah memenuhi indikator yang diperlukan, bahkan beberapa indikator telah melampaui capaian.


Rektor Universitas Udayana menjelaskan kesiapan Universitas Udayana menuju PTN BH telah disampaikan ke pihak Kementrian, dan pihak Kementrian sangat mengapresiasi serta menyambut baik dalam mendukung langkah Universitas Udayana untuk meningkatkan statusnya segera.Rektor menambahkan, kesiapan Universitas Udayana menuju PTN BH telah disampaikan ke Kementerian. Pihak Kementerian menyambut baik dan turut mendukung langkah Universitas Udayana untuk segera meningkatkan statusnya.




“Rekomendasi laporan awal memang Unud sudah direkomendasikan layak untuk menjadi PTN BH. Dari laporan itu, kemudian ditindaklanjuti menyepakati langkah bersama untuk siap menjadi PTN BH dengan melaporkannya ke pihak Kemendikbudristek beberapa bulan lalu. Pihak kemendikbudristek juga sangat mendukung kita menuju PTN BH” Ucap Rektor Universitas Udayana ini


Rektor Universitas Udayana juga menggarisbawahi konteks PTN BH yaitu terletak pada efisiensi, peningkatan kualitas layanan, peningkatan otonomi serta peningkatan kinerja. Pihaknya sangat berharap kegiatan sosialiasi ini dapat memberikan pemahaman yang lebih jauh tentang PTN BH kepada civitas akademika di lingkungan Universitas Udayana, sehingga kedepannya proses transformasi ini berjalan dengan semestinya.


Narasumber Dr. Lukman dalam materinya menyampaikan terkait Roadmap Transformasi Universitas Udayana Menuju PTNBH Unggul dan Berkelas Dunia. Dalam materinya juga disampaikan mengenai arah kebijakan dan strategi Ditjen Pendidikan Tinggi. Sementara Narasumber Tjitjik Srie Tjahjandarie menyampaikan terkait program perubahan PTN menjadi PTN Badan Hukum. Dalam kegiatan ini juga dilakukan bimbingan teknis mengenai sistem monitoring dan pengukuran kinerja PTN BLU dan PTNBH serta sistem pengajuan proposal PTN BLU menjadi PTNBH oleh Tim Pengembang PTNBH Kemendikbudristek.


Dr. Lukman selaku narasumber dalam pemaparan materinya menyampaikan terkait Roadmap Transformasi Universitas Udayana menuju PTN BH Unggul dan Berkelas Dunia. Dalam pemaparannya dipaparkan bagaimana arah kebijakan serta strategi Ditjen Pendidikan Tinggi. Sementara itu, Tjitjik Srie Tjahjandarie menyampaikan terkait program perubahan PTN BLU menjadi PTN BH. Dalam kegiatan sosialisasi ini juga disampaikan bimbingan teknis mengenai sistem monitoring serta pengukuran kinerja PTN BLU dan PTN BH serta sistem pengajuan proposal PTN BLU menuju PTN BH oleh Tim Pengembang PTN BH Kemendikbudristek. (infokom)