Tingkatkan Kemampuan Membaca Wacana Ilmiah Berbahasa Inggris, UPT Bahasa Udayana Selenggarakan Acadmic and Speed Reading Webinar

Kegiatan ini merupakan webinar ke 9 kalinya yang diselenggarakan oleh UPT Bahasa Universitas Udayana dilakukan secara daring melalui Webex Meeting pada hari Senin, 27 Juni 2022. Kegiatan ini menghadirkan Guru Besar Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana, yakni Prof. Dr. Ni Luh Sutjiati Beratha, M.A. yang membawakan materi bagaimana menerapkan strategi membaca dengan cepat. 

Dalam sambutannya, Kepala UPT Bahasa Universitas Udayana, Sang Ayu Isnu Maharani, S.S., M.Hum memaparkan bahwa reading merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting, sebab reading juga diujikan dalam Udayana Academic English Proficiency Test (UAEPT), IELTS, serta TOEFL, selain diujikan teknik membaca dengan cepat juga bermanfaat dalam menggali data faktual dalam kehidupan sehari-hari. 

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor I Universitas Udayana, dalam hal ini mewakili Rektor Universitas Udayana yakni Prof. Dr. Ir. I Gede Rai Maya Temaja, M.P. “Peserta harus betul-betul menggali ilmu sebanyak-banyaknya dalam webinar ini, apalagi menghadirkan Guru Besar Sastra Inggris, Prof Sutjiati yang memang sangat berkompeten dalam bidang reading ini. Dalam menggali informasi data faktual atau kata kunci dalam penulisan ilmiah tentu diperlukan teknik membaca dengan cepat, maka dari itu UPT Bahasa Universitas Udayana hadir menyuguhkan webinar ini” Imbuh Wakil Rektor I Universitas Udayana

Webinar ini berlangsung selama kurang lebih satu setengah jam, dimulai pada pukul 09.00 – 11.00 WITA. Dalam memaparkan materi teknik membaca dengan cepat, Prof. Dr. Ni Luh Sutjiati Beratha, M.A, menyampaikan bahwa pada dasarnya teknik membaca cepat dibagi menjadi dua strategi yakni skimming yaitu strategi dalam menggali ide pokok, dan informasi secara detail. Sedangkan scanning yaitu strategi dalam memperoleh informasi atau fakta tertentu. Guru Besar Sastra Inggris ini juga menambahkan bahwa langkah pertama dalam menelaah sebuah artikel atau buku yaitu dengan SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, and Review).