Sambut Dies Natalis ke-60 Universitas Udayana: UPT Bahasa Universitas Udayana Ikuti Napak Tilas Prabu Udayana

Menyambut Dies Natalis ke-60 Universitas Udayana, UPT Bahasa mengikuti kegiatan Napak Tilas Prabu Udayana pada hari Jumat, 12 Agustus 2022. Kegiatan ini dilaksanakan rutin setiap tahunnya dengan melaksanakan persembahyangan ke beberapa pura di wilayah Kabupaten Gianyar, Bali. Adapun pura tersebut ialah Pura Durghakutri, Pura Gunung Kawi, Pura Tirta Mengening, dan Pura Tirta Empul. Kegiatan yang diinisiasi oleh panitia Dies Natalis ini juga diikuti oleh Rektor, para Wakil Rektor beserta jajaran dan para Dekan dari ketiga belas fakultas, serta jajaran Unit Biro Umum, Biro BAKH, Biro Perencanaan dan keuangan serta Biro Kemahasiswaan Universitas Udayana.

 

Tujuan dilaksanakan Napak Tilas ini ialah memohon kelancaran dan keselamatan dalam rangka memperingati Dies Natalis Universitas Udayana yang dilaksanakan pada puncaknya pada tanggal 29 September 2022. Mengusung konsep luar jaringan (luring) pelaksanaan Dies Natalis ke-60 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang mana terbatas dilaksanakan secara daring karena adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) selama pandemi Covid-19.

Dr. Ir. Gede Suarta, M.Si selaku Ketua Dies Natalis ke-60 mengungkapkan kegiatan dies natalis tahun ini disusun dengan konsep berbeda dari tahun sebelumnya. Di mana serangkaian kegiatan akan dilakukan pengabdian masyarakat, donor darah hingga acara kekeluargaan dengan berbagai lomba menarik. “Arahan dari bapak rektor, dies natalis ke-60 ini harus berbeda dari tahun kemarin, sebab dua tahun belakangan kita tidak terlalu banyak kegiatan karena pandemi covid-19, nah sekarang Unud harus bangkit” pungkas ketua dies natalis ini.

Ketua Dies Natalis Universitas Udayana ini juga menambahkan nantinya pelaksanaan donor darah ditargetkan mampu memecahkan rekor di mana dengan peserta donor darah dengan jumlah terbanyak, serta Universitas Udayana terus berinovasi dengan memberikan yang terbaik bagi masyarakat di Bali.

Di sisi lain, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng., IPU mengungkapkan melalui kegiatan ini mengingatkan kembali makna bahwa sebagai penerus diberikan tugas khusus oleh Shang Hyang Lelangit membawa Universitas udayana menuju keadaan yang lebih baik dari sebelumnya. Selain itu, Napak Tilas ini sebagai momen untuk merefleksikan kembali perjalanan mengenang Prabu Udayana sehingga kita dapat memaknai keberadaan Universitas Udayana dengan para leluhurnya. “Kami menghaturkan terima kasih yang sebesarnya pada seluruh panitia dies natalis, sehingga perayaan dies pada tahun ini didahului dengan Napak Tilas berlangsung dengan lancar dan baik” pungkas Rektor Universitas Udayana ini.

Rektor Universitas Udayana berharap dengan dilakukannya Napak Tilas ini dapat merefleksikan kembali makna bahwa institusi Universitas Udayana dapat berkembang kedepannya untuk menjadi sebuah institusi yang lebih baik. (infokom)