Kuliah Umum Menteri Lingkungan Hidup dan Air Australia di Universitas Udayana

Menteri Lingkungan dan Air Australia, Tanya Plibersek beserta rombongan Kedutaan Besar Australia bersandang ke Universitas Udayana. Kuliah umum diadakan pada tanggal 1 September 2022, bertempat di Aula Perpustakaan Lantai 3 Gedung Perpustakaan Kampus Bukit Jimbaran. Kegiatan yang diinisiasi oleh Konsulat Jenderal Australia Bali melalui Aussie Corner UPT Bahasa Universitas Udayana merupakan salah satu bentuk hubungan Universitas Udayana dengan Australia. 


Kunjungan ini merupakan serangkaian lawatan Menteri Lingkungan Hidup dan Air pada kegiatan G20 yang berlangsung di Nusa Dua. Dalam kunjungannya ke Universitas Udayana, Plibersek memberikan kuliah umum terkait masalah lingkungan dan air selaras dengan isu SDGs pada perhelatan G20. 

Kunjungan Tanya Plibersek disambut hangat oleh jajaran pimpinan di Universitas Udayana, Prof. Dr. dr. I Putu Gede Adiatmika, M.Kes selaku Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Informasi Universitas Udayana sekaligus mewakili Rektor Universitas Udayana. Dalam pidato sambutannya menyampaikan bahwa isu lingkungan telah menjadi konsen utama khususnya bagi keluarga besar Universitas Udayana, mengusung institusi pendidikan tinggi berbasis Green Campus merupakan langkah awal dari Universitas Udayana untuk terlibat dalam SDGs (Sustainable Development Goals).


"Kunjungan ini mengambil topik tentang tentang lingkungan. Karena sesuai kapasitas beliau sebagai Menteri Lingkungan dan Air. Selain itu juga disampaikan aktivitas lingkungan  dan  kebijakan lingkungan di Australia yang diharapkan dapat memberikan wawasan bagi mahasiswa Unud. Oleh karena itu, mahasiswa yang dihadirkan  sesuai dengan topik kuliah lingkungan dan air," tambahnya.

Menteri Lingkungan Hidup dan Air Australia sangat mengapresiasi kesempatan kuliah umum serta bercengkrama dengan mahasiswa Universitas Udayana. Pihaknya mengakui bahwa kebanggaan tersendiri untuk dapat bertemu dan berbincang dengan para mahasiswa Universitas Udayana dan berharap dapat meningkatkan kesadaran untuk menjaga keberlangsungan ekosistem di masa depan.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Informasi Universitas Udayana menambahkan, selama ini kerjasama antara Universitas Udayana dengan Australia dalam lingkup Tri Dharma Perguruan Tinggi meliputi pertukaran mahasiswa, dosen serta dosen yang belajar di Australia begitupun dosen Australia menjadi pengajar di Universitas Udayana. Pihaknya berharap kerjasama ini dapat terus terjalin sehingga nantinya semakin beragam kegiatan kegiatan yang dapat dilakukan kedepannya. 

 

Sang Ayu Isnu Maharani, S.S., M.Hum selaku Kepala UPT Bahasa Universitas Udayana, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan perpanjangan tangan dari Konsulat Jenderal Australia di Bali dan Kedutaan Besar Australia melalui Aussie Corner di UPT Bahasa yang mana kerjsama tersebut telah terjalin pada tahun 2014. Tidak sedikit dosen Universitas Udayana yang melanjutkan pendidikan di negeri kangguru tersebut. “Aussie Corner dapat menjadi wadah dalam menyebarluaskan informasi terkait kerjasama baik dalam bentuk beasiswa, pertukaran pelajar dan dosen serta program lainnya” imbuhnya. 

Prof. Dr. dr. I Putu Gede Adiatmika, M.Kes., selaku Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Informasi Universitas Udayana menyampaikan sebuah kebanggaan tersendiri Universitas Udayana dikunjungi oleh Menteri Lingkungan dan Air Australia di tengah kesibukan serangkaian kegiatan G20. Kunjungan ini menjadi momentum baik dalam memperkuat kerjasama antara Universitas Udayana dan Australia.